The SecretFruit : Salak Nglumut

Posted by Penjari Jejak On 12.14 0 komentar



Hei..Hei masih semangat untuk mengungkap hal seru lainnya ga nih ??
Kawan, kali ini saya tidak membahas masalah tempat dan bangunan tua, tapi soal buah. Tepatnya buah SALAK.
Tapi ini bukan sembarang salak lho! Inilah Salak Nglumut yang terkenal itu. Salak nglumut sesuai dengan namanyan hanya hidup di daerah Nglumut saja (dikab. Magelang). Daerah tempat tumbuhnya salak ini juga unik, karena di sekitarnya di kelilingi oleh sungai dan hawa yang dingin karena terletak di daerah gunung Merapi. Jadi kesuburan tanah sudah tidak dikhawatirkan lagi. Bentuk salak ini biasa saja seperti salak kebanyakan hanya lebih besar sedikit. Tapi yang jadi keunggulan salak nglumut ini adalah rasanya. Wow manis sekali !!

Bukan hanya itu saja Kawan!
Pada jaman pemerintahan Sultan Hamengkubuwono IX, salak ini menjadi buah yang dirahasiakan keberadaannya, Kenapa ??
Karena merupakan salah satu buah untuk dhahar dalem(jamuan istana) bagi Kraton Ngayogyakarta. Sultan hanya akan makan buah salak ya dengan Salak Nglumut ini saja Kawan. Karena citarasanya yang begitu manis dan dagingnya yang tebal. Dan salah satu upeti yang harus ada saat dhahar dalem (diberikan secara gratis untuk Kraton).

Hanya akhir-akhir ini saja (masa pemerintahan SB X) salak Nglumut yang sebelumnya di rahasiakan ini sudah dikenal masyarakat dan menjadi komoditas menjanjikan bagi penjualnya. Sesuai dengan kualitasnya salak yang satu ini cukup mahal harganya. "Ada uang ada barang lah" (hehe...)

"Waw, salak saja bisa sangat di tutupi keberadaannya, Unik kan?"
Masih ada beberapa buah-buahan yang menjadi dhahar dalem untuk kalangan Kraton, tapi untuk kali ini yang saya keluarkan baru Salak Nglumut dulu yang lain akan kami suguhkan untuk posting selanjutnya.

Selamat Berpetualang !!^^
Read More..

Categories: , , ,

The TwoRivers : Code dan Winongo

Posted by Penjari Jejak On 12.25 2 komentar





Hei..HEi
Pasti udah pernah denger yang namanya Kali Code, Kali Winongo ?
Kalo orang Jogja pasti sering banger dengernya (hehe..)
Sungai Code dan Sungai Winongo memang hanya sebuah sungai biasa yang mungkin terlihat kumuh dan ga tertata sekarang, terletak di sebelah timur dan barat Kraton Yogyakarta.
Ada apa sebenarnya dengan kedua sungai tsb?
Mari kita kupas keunikan di dalamnya Kawan.
Berdirinya Kraton memang tidak secara tiba-tiba berada di pusat kota Jogja seperti itu Kawan, salah satu faktor kenapa Kraton di tempatkan di sana ya gara-gara kedua sungai itu lho !!

Masi ga percaya?
Kraton yang dibuat abad ke-17, sengaja dibangun di antara kedua sungai tsb. Kenapa ? Sultan HB I memang cerdas Kawan, dengan keberadaan Kraton diapit dua sungai, maka akan membawa banyak manfaat : 1. Kraton akan terhindar dari bencana banjir karena keseimbangan kedua sungai tsb, 2. Tanah yang disekitarnya akan subur karena sumber air tercukupi, 3. media pertahanan secara tidak langsung.
Nah, betapa berartinya kedua sungai tsb bagi cikal bakal JOgja sekarang ini Kawan !!

Mengenai pendirian Kraton akan saya bahas nantinya, tunggu posting berikutnya yah..

Yogyakarta, 22 Februari 2009


Read More..

Categories: , , ,

The GreatWall : Plengkung Gading

Posted by Penjari Jejak On 11.01 0 komentar



Inilah saingan Tembok Besar di China Kawan!!^^
Terlihat megah, agung, dan berkuasa pertama saya lihat !! Bangunannya bernuansa kebarat-barata tapi tetap menjunjung tinggi ciri khas Jawanya dengan ukiran-ukiran berbentuk bunga menghiasi puncaknya.

Plengkung Gading sebagai salah satu gerbang utama dan jalur masuk ke kawasan Kraton. Banyak filosofi menyelimuti bangunan megah berwarna putih tulang ini. Jika kau berdiri tepat di tengah-tengahnya. Lalu memandang ke arah utara terlihat olehmu Alun-alun Selatan dengan ringin kurungnya. Jika kau melihat ke arah Selatan, berdirilah sebuah bangunan setinggi 10 m dulunya adalah tempat berburu bagi Sultan ; Panggung Krapyak.

Kembali lagi ke Plengkung Gading, Kau tahu Kawan? dulu ada 4 pintu utama sebagai akses keluar masuk Kraton; Plengkung Tarunasura, Plengkung Jagabaya, Plengkung Madyasura, Plengkung Nirbaya. Selain Plengkung Gading juga masih ada satu lagi yaitu Plengkung Mijilan terletak di sebelah timur Kraton yang sampai sekarang masih kokoh berdiri.

Plengkung Gading mengandung filosofi yang maknanya adalah kelahiran seseorang kedunia. Rentetan filosofi itu akan terus sambung menyambung hingga ke Tugu yang berada 2 km dari Kraton. Hal unik yang saya dapatkan disini adalah ternyata dulu Plengkung Gading merupakan gerbang dengan sistem buka tutup di lengkapi dengan pintu yang bisa di naik-turunkan, karena dulu wilayah Kraton di kelilingin oleh parit dan yang bisa masuk hanya melewati ke 4 pintu tadi. Kau bisa melihat sendiri Kawan bukti pintu Plengkung Gading bisa di naik-turunkan adalah engsel pintu yang bisa kau lihat jika lewat di bawah Plengkung. Usiannya juga sama dengan berdirinya Kraton, sekitar 2 abad. Wow fantastis!!^^

Yang lebih uniknya, Plengkung Gading tidak akan di lewati seorang Sultan sebelum Sultan tersebut meninggal dunia, ketika roh sudah pulang kembali ke tangan-Nya. Jika tidak percaya tanyakan saja pada penduduk sekitar atau abdi dalem untuk membuktikannya. Begitu menarik untuk di telisik lebih lanjut Kawan!!^^
Insya Allah, saya akan mencari informasi lebih lagi tentang Plengkung Gading dan segala yang menyelimutinya. Thank sudah menyimak!!

Yogyakarta, 20 Februari 2010


Read More..

Categories: , , ,

WaterCastle : Tamansari

Posted by Penjari Jejak On 09.20 3 komentar



Sudah pernah mengunjungi tempat ini Kawan ?
Berkeliling, menelusuri tiap-tiap bagian dari tempat bersejarah ini ?

Mari kita mulai saja, Kawan!!
Tamansari begitulah namanya, terletak sekitar 500 m ke arah barat dari Kraton atau Kawan bisa jalan kaki selama 10 menit, tak begitu jauh kan?
Bangunan ini sungguh menakjubkan Kawan, percampuran nuasa Potuguese dan Jawa. Karena dulu arsitek bangunan Tamansari ini adalah seorang Portugis. Jika kau memasukki tempat ini, banyak sekali pot-pot bunga besar mengelilingi bagian dalam ruangannya kentara sekali taste Portugisnya, seperti berada di suatu tempat dengan nuansa baru. Konon, untuk menyambung antar bangunan di sini menggunakan putih telor Kawan, bukan dengan semen yang biasa kita lakukan untuk membangun rumah mungkin resep itulah yang membuat bangunan itu tetap kokoh tak termakan usia walau sudah dua abad berdiri. Hebat bukan?

Tamansari dulunya digunakan Sri Sultan dan keluarganya untuk tempat rekreasi. Sesuai dengan asal katanya, Tamansari berasal dari kata Taman (tempat berbunga) Sari(indah) jadi Tamansari artinya Tempat yang indah yang di penuhi dengan bunga-bunga di sekelilingnya. Di sini ada beberapa bagian : 1. tempat peristirahatan, 2. kolam pemandian, 3. kanal air, 4. ruang khusus (berdiam diri).
Konon jika kanal air dibuka, maka seluruh wilayah Tamansari ini akan tergenang air. Hingga Sri Sultan harus menaiki kapal untuk sampai ke Tamansari, karena itu Tamansari sering disebut Watercastle (Istana Air). Wow!!

Sebelum masuk kau akan menemukan dua patung naga berada pada sisi kanan-kiri gerbang masuk-nya. Ini penanda tahun dibuatnya Tamansari, dua naga itu mengartikan dwi naga rasa tunggal atau tahun 1682 penanggalan Jawa. Lalu masuk ke dalam, akan menemukan gerbang lagi untuk menuju ke kolam pemandian. Disini ada dua kolam pemandian yang dipisahkan oleh sebuah bangunan bertingkat. Nah, di bangunan bertingkat itu, Sri Sultan bisa melihat selir-selirnya bermain di sekitar kolam pemandian. Yang uniknya ada air mancur (tepatnya berada di bawah bangunan yang memisahkan dua kolam pemandian) berbentuk kepala hewan seperti kepala naga.

Semua fasilitas tersedia disini bagi Sultan dan keluarganya, seperti ruang berganti pakaian, tempat tidur, tempat merias diri. Sudah sangat lengkap sebagai tempat peristirahatan yang nyaman dan istimewa pada jamannya.
Sebenarnya masih banyak tempat-tempat disini untuk dikunjungi dan diungkap keunikan di dalamnya. Kita akan bahas itu pada kesempatan yang lain Kawan.
Sekian dulu yah!!^^

Yogyakarta, 20 Februari 2010



Read More..

Categories: , , , ,

Sekapur Barus Buat Semua!!

Posted by Penjari Jejak On 09.39 0 komentar

Lhoh kamu kok disini? Ngapain sih liat-liat? Udah tahukan kalo blog ini emang keren? Apalagi abang-nya yang udah buat !”(Silahkan tanya abang punya temen)hehe..
Ini emang blog khusus diluncurkan buat anak-anak seluruh Indonesia yang kompak abizz, kocak abizzz, abizz kagak ada matinya sih ngomongin anak-anak muda jaman sekarang yang keren abizzz (laris banget kan tuh “abizzz”). Ijinkan saya menulis secuil isi otak saya tentang dan menumpahkannya ke blog ini. Tapi saya sarankan buat para pengunjung, jangan lupa pake sabuk pengaman dan sandal jepit (kagak ada hubungannya yak??) cuz akan ada banyak kejutan, gurauan, kegokilan, lebayisme, jerit tangis kesepian, ledakan imajinasi, dan kawan-kawan yang akan muncul sesuai absent supaya yang baca ga terlalu bosen !!^^ Ya sudah, tidak usah banyak basa basi ( dari tadi itu ngapain bang??) mari kita mulai saja. Read More..

Categories: