Halaman

The SecretFruit : Salak Nglumut

Posted by Penjari Jejak On 12.14 0 komentar



Hei..Hei masih semangat untuk mengungkap hal seru lainnya ga nih ??
Kawan, kali ini saya tidak membahas masalah tempat dan bangunan tua, tapi soal buah. Tepatnya buah SALAK.
Tapi ini bukan sembarang salak lho! Inilah Salak Nglumut yang terkenal itu. Salak nglumut sesuai dengan namanyan hanya hidup di daerah Nglumut saja (dikab. Magelang). Daerah tempat tumbuhnya salak ini juga unik, karena di sekitarnya di kelilingi oleh sungai dan hawa yang dingin karena terletak di daerah gunung Merapi. Jadi kesuburan tanah sudah tidak dikhawatirkan lagi. Bentuk salak ini biasa saja seperti salak kebanyakan hanya lebih besar sedikit. Tapi yang jadi keunggulan salak nglumut ini adalah rasanya. Wow manis sekali !!

Bukan hanya itu saja Kawan!
Pada jaman pemerintahan Sultan Hamengkubuwono IX, salak ini menjadi buah yang dirahasiakan keberadaannya, Kenapa ??
Karena merupakan salah satu buah untuk dhahar dalem(jamuan istana) bagi Kraton Ngayogyakarta. Sultan hanya akan makan buah salak ya dengan Salak Nglumut ini saja Kawan. Karena citarasanya yang begitu manis dan dagingnya yang tebal. Dan salah satu upeti yang harus ada saat dhahar dalem (diberikan secara gratis untuk Kraton).

Hanya akhir-akhir ini saja (masa pemerintahan SB X) salak Nglumut yang sebelumnya di rahasiakan ini sudah dikenal masyarakat dan menjadi komoditas menjanjikan bagi penjualnya. Sesuai dengan kualitasnya salak yang satu ini cukup mahal harganya. "Ada uang ada barang lah" (hehe...)

"Waw, salak saja bisa sangat di tutupi keberadaannya, Unik kan?"
Masih ada beberapa buah-buahan yang menjadi dhahar dalem untuk kalangan Kraton, tapi untuk kali ini yang saya keluarkan baru Salak Nglumut dulu yang lain akan kami suguhkan untuk posting selanjutnya.

Selamat Berpetualang !!^^

Categories: , , ,

0 Responses "The SecretFruit : Salak Nglumut"

Posting Komentar

Berikan saranmu Kawan!!