The TwoRivers : Code dan Winongo

Posted by Penjari Jejak On 12.25 2 komentar





Hei..HEi
Pasti udah pernah denger yang namanya Kali Code, Kali Winongo ?
Kalo orang Jogja pasti sering banger dengernya (hehe..)
Sungai Code dan Sungai Winongo memang hanya sebuah sungai biasa yang mungkin terlihat kumuh dan ga tertata sekarang, terletak di sebelah timur dan barat Kraton Yogyakarta.
Ada apa sebenarnya dengan kedua sungai tsb?
Mari kita kupas keunikan di dalamnya Kawan.
Berdirinya Kraton memang tidak secara tiba-tiba berada di pusat kota Jogja seperti itu Kawan, salah satu faktor kenapa Kraton di tempatkan di sana ya gara-gara kedua sungai itu lho !!

Masi ga percaya?
Kraton yang dibuat abad ke-17, sengaja dibangun di antara kedua sungai tsb. Kenapa ? Sultan HB I memang cerdas Kawan, dengan keberadaan Kraton diapit dua sungai, maka akan membawa banyak manfaat : 1. Kraton akan terhindar dari bencana banjir karena keseimbangan kedua sungai tsb, 2. Tanah yang disekitarnya akan subur karena sumber air tercukupi, 3. media pertahanan secara tidak langsung.
Nah, betapa berartinya kedua sungai tsb bagi cikal bakal JOgja sekarang ini Kawan !!

Mengenai pendirian Kraton akan saya bahas nantinya, tunggu posting berikutnya yah..

Yogyakarta, 22 Februari 2009


Categories: , , ,

2 Responses "The TwoRivers : Code dan Winongo"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  2. zulpic..... Apiks Apiks-an... hehe

Posting Komentar

Berikan saranmu Kawan!!